Pembiasaan Literasi membaca dan menulis di sekolah
Pukul 7 lewat 10. Ku langkahkan kakiku menuju sekolah. Tidak butuh waktu lama aku tiba, hanya beberapa langkah saja jarak rumah ke sekolah.he....he.
Hem..masuk ruang kantor langsung pinjer.tanda kalau aku sudah absen kehadiran pagi ini. Seperti biasa, sebelum tas ransel hitamku ku letakkan di bawah sampai g kursi, ku ambil terlebih dahulu laptop hitam yang menemaniku setiap saat.
Yah...karena kesibukan sekolah belum terlalu padat, waktu luang ku hanya kuhabiskan untuk menulis. Hari ini jadwalku menyelesaikan naskah fabel antalogi. Ku buka laptop dan mulailahengetik kata demi kata. Alhamdulillah selesai dan langsung naskah kukirim ke PJ bunda Ninik.
Naskah fabel pagi ini memang tidak lama aku selesaikan. Karena tinggal bagian penutupnya saja yang harus ku tuntaskan.
Cuaca tiba -tiba mendung, dan bersambut hujan deras di pagi hari..Aku yang lagi berfikir, kira-kira apa lagi yang akan aku tulis di blog. Setelah kulirik di grup Lagerunal Kamis menulis hari ini adalah dengan teman inovasi.
Hemm. Aku langsung ingat, Jum'at lalu tiba-tiba aku sempat rapat bersama guru-guru di sekolah. Karena saat tiba di sekolah, terlintas di pikiranku inovasi apalagi yang harus aku berikan untuk sekolah yang berkaitan dengan literasi membaca dan menulis.
Karena terus terang di tempat kerjaku, Siswa dan guru. jiwa membaca dan menulisnya itu masih sangat rendah. Jadi aku sebagi pimpinan harus bisa menggerakkan ini.
Ya. Ide-ideku langsung kutuangkan dalam catatan kecil, agar saat rapat konsep ku sudah ada. Siswa semua pulang, rapatpun di mulai. Maaf bapak dan ibu guru, untuk rapat hari ini, membahas tentang kegiatan pembiasaan kita di sekolah. Yaitu pembiasaan literasibaca dan menulis.
Tidak cukup lama, aku menjelaskan kepada bapak dan ibu guru tentang pembiasaan yang harus di terapkan di sekolah. Karena sekolahku adalah Madrasah tentu pembiasaan yang aku terapkan harus ada konsep agamanya. Alhamdulillah guru-guru menerima saranku.
Pembiasaan yang aku lakukan di sekolah,yaitu
1. Setiap minggu 1. 15 menit sebelum belajar harus menghafal surat -surat pendek
2. Minggu ke-2. 15 menit sebelum belajar siswa dan guru harus membaca buku dengan nyaring.
3. Minggu ke-3. 15 menit sebelum belajar guru bercerita kepada siswa dengan intonasi dan mimik yang di sesuakan dengan cerita yang di bawakan oleh guru.
4. Minggu ke- 4. Siswa membaca dan menghafal Asmaul Husna.
5. Setiap 1 bulan sekali , saya menyuruh siswa untuk menulis aktifitasnya di rumah.
SALAM LITERASI
Keren nih programnya. Kalau konsisten, sangat bermanfaat untuk meningkatkan literasi. Bisa dicontek nih. Selamat, Bu
BalasHapusSemoga bisa Konsisten dan bermanfaat. Silahkan pa. Berbagi informasi
HapusMantap program literasinya. Salam literasi Bu
BalasHapusInovasi literasinya sungguh mantab dan layak dapat jempoll
BalasHapusTerimakasih Pak. Salam literasi
HapusAda mesin ATM nih. Terima kasih idenya, Bu KS
BalasHapusSama-sama Pak
HapusLangsung di ATM nih...
BalasHapuskeren program literasinya
Silahkan di ATM. He....he...
HapusJadi target literasinya mencakup guru dan muridnya. Keren..
BalasHapusIa Pak, semua kena
HapusLuar biasa inovasinya, mengerakan literasi untuk siswa dan guru.
BalasHapusProgramnya keren. Boleh nih dicopas sama sekolah2 lain. Hehe
BalasHapusBisa pak, silahkan
HapusMantab .. salam literasi ...
BalasHapusSiap ATM kegiatan literasinya. Terima kasih sudah berbagi program.
BalasHapusSilahkan.saya senang ko berbagai
HapusWow... mantap..
BalasHapusBoleh ditiru yah.. programnya..
Terima kasih.
Tentu boleh
HapusPada dasarnya kembali kepada dunia literasi sebagai bagian dari inovasi di sekolah.
BalasHapusBetul pa
Hapus